Friday, August 23, 2013

Keajaiban Stem Cell



Stem Cell
Stem Cell atau Sel induk adalah sel-sel ibu yang memiliki potensi untuk menjadi semua jenis sel dalam tubuh. Salah satu karakteristik utama dari sel induk adalah kemampuan mereka untuk memperbaharui diri atau memperbanyak sambil mempertahankan potensi untuk berkembang menjadi jenis sel. Stem sel dapat menjadi sel-sel darah, jantung, tulang, kulit, otot, dll otak Ada berbagai sumber sel induk tetapi semua jenis sel induk memiliki kapasitas yang sama untuk berkembang menjadi beberapa jenis sel




Keajaiban Stem Cell


Kehebatan Stem Cell adalah kemampuannya dalam melakukan : Regenerasi, Rehabilitasi, Revitalisasi, Replikasi & Rejuvinasi Sel untuk : Kesehatan Yang Optimal, Therapy Berbagai Penyakit dan Anti Aging.
Ada 4 macam Potensi Dasar dari  Stem Cell  yaitu : Unipotent, Multipotent, Pluripotent & Totipotent. Unipotent adalah kemampuan untuk berkembang menjadi hanya satu jenis sel atau jaringan.                Multipotent adalah kemampuan berkembang atau berdiferensiasi menjadi beberapa macam sel tapi terbatas pada satu jenis/kelompok/kategori sel.   Misalnya, sel darah induk multipoten adalah sel hematopoietik - dan ini jenis sel itu sendiri dapat berdiferensiasi menjadi beberapa jenis sel darah  seperti limfosit, monosit, neutrofil, dll, tetapi tidak dapat berdiferensiasi menjadi sel-sel otak, sel-sel tulang atau non-jenis sel darah. Pluripotent adalah kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi salah satu dari tiga lapisan germinal: endoderm (lapisan perut interior, saluran pencernaan, paru-paru), mesoderm (otot, tulang, darah, urogenital), atau ektoderm (jaringan epidermal dan sistem saraf). Totipotent adalah kemampuan sebuah sel tunggal untuk berkembang dan menghasilkan semua sel yang berbeda dalam organisme; contoh sel-sel totipoten adalah spora dan zigot. Dalam spektrum potensi sel, totipotency merupakan sel dengan kemampuan diferensiasi terbesar. Toti berasal dari Totus Latin yang berarti "keseluruhan".






Pluripotent Stem Cells (PS Cells)
Pluripotent Stem Cells memiliki kapasitas untuk membagi untuk waktu yang lama dan mempertahankan kemampuan mereka untuk membuat semua jenis sel dalam organisme.  Jenis paling terkenal dari pluripotent stem cell adalah salah satu yang ada dalam embrio yang membantu bayi tumbuh dalam rahim. Ini disebut Embryonic Stem Cell. Sel-sel ini terbentuk pada perkembangan tahap blastokista. Blastokista adalah bola berongga dari sel-sel yang lebih kecil dari kepala peniti. Sel-sel induk embrionik terletak dalam bola sel-sel ini. Penelitian terbaru telah memungkinkan para ilmuwan untuk mendapatkan sel pluripoten dari sel kulit manusia dewasa. Ini disebut sel induk pluripoten yang diinduksikan atau sel iPS (induced Pluripotent Stem Cell).

Fetal stem cells
Ini diperoleh dari jaringan janin manusia berkembang. Sel-sel ini memiliki beberapa karakteristik yang sama dengan jaringan asal mereka diambil. Sebagai contoh, yang diambil dari otot janin hanya dapat membuat sel-sel otot. Ini juga disebut sel-sel  progenitor.

Adult stem cells
Ini diperoleh dari beberapa jaringan tubuh dewasa. Contoh yang paling umum digunakan adalah sumsum tulang. Sumsum tulang merupakan sumber yang kaya sel induk yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit darah dan kanker.

Therapy Stem Cell yang sebenarnya adalah berasal dari tubuh manusia itu sendiri (Human Stem Cell) yang berasal  dari : Embryonic Stem Cell dan Adult Stem Cell. Therapy Stem Cell hanya bisa diaplikasikan secara langsung oleh Kalangan Medis (Dokter Ahli). Metode pengobatan ini sering juga disebut sebagai “Life Cell Therapy” dengan biaya yang sangat mahal.
Peraih Nobel Bidang Kesehatan di Tahun 2012 adalah 2 orang Penemu Stem Cell, yaitu : Ilmuwan Dr. Shinya Yamanaka (Jepang) & Dr. John Gurdon (Inggris).
Kita bersyukur, karena saat ini tersedia beberapa Product yang diolah di Laboratorium dengan Technology Stem Cell menggunakan Technology Tinggi Berstandar Farmasi Termodern. Ini bukan Life Cell Therapy karena komposisinya “Tidak Mengandung Sel Hidup”. Produk Bertechnology Stem Cell ini bertujuan untuk : Merangsang Stem Cell yang ada dalam tubuh kita untuk bekerja secara optimal di bagian tubuh yang membutuhkan (Stem Cell Enhancer / Stem Cell Booster).

No comments:

Post a Comment

Agen Laminine Di Kota Anda